3 Cara Bore Up Motor Yamaha Jupiter Z agar Makin Kenceng dan Meningkatkan Performa

Cara Bore Up Motor Yamaha Jupiter Z Tingkatkan Performa Speed Kenceng

Tips bagaimana cara mudah mengulik mesin atau bore-up harian motor jupiter z sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan menambah power serta performa yang semakin mantab. Hallo sobat technflash.com penggila otomotif yang ada di seluruh tanah air, di kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah kami untuk berbagi sedikit tips atau informasi yang mungkin dapat menginspirasi sobat dalam kegiatan otomotif, khususnya bagi para pecinta modifikasi motor.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, memiliki sebuah kendaraan yang gesit dan kencang merupakan idaman bagi para pecinta otomotif maupun para pemiliki motor itu sendiri. Pasalnya, dengan kendaraan yang memiliki tenaga serta performa yang kencang merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi sang pemilik motor tersebut.

Nah sobat, seperti yang akan kami bagikan berikut ini, di mana kali ini kami akan memberikan sebuah tips tentang cara bore up pada salah satu motor bebek yang sudah sangat populer di Indonesia, yaitu motor Yamaha Jupiter Z.

Sekilas tentang Yamaha Jupiter Z

Mungkin telah sobat ketahui, bahwa Jupiter Z merupakan salah satu motor bebek buatan Yamaha yang memiliki kapasitas mesin sebesar 113.7 cc serta dapat menghasilkan tenaga mencapai 10.06 PS pada putaran 7.750 rpm. Sementara itu, untuk torsi yang di hasilkannya mencapai 9.9 nm pada putaran 6.500 rpm.

Akan tetapi, meskipun motor ini memiliki sebuah tenaga dan performa yang terbilang tangguh, kebanyakan dari para pemiliki motor Jupiter Z ini masih dirasa kurang kencang. Sehingga mereka harus melakukan cara bore up supaya menghasilkan tenaga dan performa yang lebih kencang lagi dari standarnya.

Cara Bore Up Harian Motor Jupiter Z

Nah, berikut ini merupakan cara bore up harian atau ngoprek mesin motor yamaha jupiter z biar makin kenceng dan asoy geboy performanya. Yuk, langsung saja kita simak ulsannya berikut ini.

1. Ubah Ukuran Piston

Cara pertama yang bisa sobat lakukan yaitu mengubah ukuran piston standar Jupiter Z yang berukuran 49 mm dengan menggunakan piston berukuran 52 mm agar kapasitas mesinnya bertambah menjadi 114,7cc.

Selanjutnya, sobat bisa mengubah bagian dome pistone dengan menggunakan kemiringan 45 derajat supaya lebih pas lagi, jangan lupa menukik bagian klep supaya di perdalam menjadi 0.5 mm sampai 1 mm.

2. Modif Area Pembuangan

Kemudian, untuk bagian lubang pembuangan (Exhaust) dan juga lubang pemasukan (Intake), sobat bisa memperbesar lubang pada bagian dalam dengan menggunakan ukuran 20 mm, sedangkan untuk lubang bagian luarnya bisa menggunakan ukuran 19 mm. Lalu, haluskan lubang pembuangan tersebut hingga halus dan licin agar gas buang pada motor Jupiter Z makin lancar.

3. Karburator dan Pengapian

Pada ruang yang terdapat di bagian karburator, sobat bisa memakai jenis karbu milik motor Suzuki Shogun SP serta dengan penambahan Intake sebagai manifold-nya.

Beralih ke bagian sistem pengapian, supaya bore up motor Jupiter Z sobat makin baik lagi sobat bisa menggunakan busi, koil dan CDI yang racing, agar menghasilkan sebuah kumparan yang makin maksimal.

Sedangkan untuk raung pengapian, sobat bisa siasati susunan noken as dengan menggunakan part noken as racing. Hal tersebut bertujuan agar perubahan pada bagian noken as tidak terlalu banyak dan tidak mengubah ke part-part orisinilnya. Karena, selain tidak mengubah standar pabrikannya, noken as yang racing juga di rasa memiliki bentuk dan ukuran yang sangat pas.

Nah, untuk bagian letak klepnya, sobat bisa mengubah atau mengganti dengan cara memperbesar ukuran klep dengan menggunakan space 27 mm Intake dan Exhaust berukuran 23 mm.

Selanjutnya, supaya hasil kompresi motor Jupiter Z sobat semakin bertambah dan menjadi lebih baik lagi, sobat bisa menyesuaikan dengan bentuk piston atau sobat juga bisa melakukan pemapasan pada bagian kepala silinder dengan ukuran kurang lebih 0.5 mm.

Penutup

Itulah sobat technflash.com, sedikit tips mengenai cara bore up harian motor jupiter z agar performa dan speed makin kenceng dan tetap aman yang bisa kami berikan untuk sobat semua. Terima kasih ya sobat para pecinta otomotif yang menyukai kecepatan, sudah mengunjungi blog kami dan membaca artikel-artikel yang kami sajikan.