3 Cara Mudah Membersihkan Filter Udara pada Motor

Cara Mudah Membersihkan Filter Saringan Udara pada Motor

Tips bagaimana cara membersihkan saringan udara pada sepeda motor dengan mudah, tanpa perlu ke bengkel karena sobat bisa mengerjakannya sendiri. Filter udara pada kendaraan roda dua ini adalah salah satu komponen dalam mesin yang perlu dijaga serta dirawat dengan baik dan benar, mengingat perannya yang begitu penting dalam mendukung kinerja dari mesin tersebut.

Oleh karena itu, mengetahui langkah menjaga filter udara motor adalah cara yang perlu dipahami serta dikerjakan oleh setiap pemilik kendaraan roda dua ini.

Filter Udara

Filter udara atau yang biasa disebut juga sebagai saringan udara ini secara ringkas adalah piranti dalam kinerja suatu kendaraan bermotor yang bertugas menyaring udara yang masuk dari luar guna mendukung kemampuan pembakaran di ruangan pembakaran pada mesin pacu. Maka dari itu, pengetahuan mengenai langkah bersihkan filter udara motor dengan benar begitu utama untuk dikerjakan supaya bagian mesin pacu pada motor jadi lebih tertangani serta terbangun kualitasnya.

Nah, sebagai komponen penyaring udara, langkah merawat filter udara motor dengan benar sepertinya mesti dikerjakan dengan cara berkala. Pasalnya, apabila motor yang sobat punyai kerap dikendarai untuk melalui daerah yang banyak debu yang dipastikan bakal jadikan filter udaranya cepat kotor, sehingga pembersihan secara teratur juga butuh dikerjakan.

Baca Juga: Cara Mengganti Air Radiator Yamaha NMAX dengan Mudah Tanpa ke Bengkel

Sebab, apabila filter udara ini tidak sering dibikin bersih jadi sistem pembakaran pada motor juga bakal terganggu dan tentunya bakal menjadikan kinerja mesin motor sobat bakal alami permasalahan.

Namun, sebelum sobat membersihkan filter udara pada motor sobat, sobat harus mengetahui terlebih dulu tipe serta jenis filter udara pada motor, di antaranya seperti filter udara motor konvensional, filter udara motor kering, filter udara motor basah.

Cara Membersihkan Filter Udara

Nah, untuk mengetahui bagaimana caranya bersihkan filter udara pada motor, berikut ini kami bakal memberi penjelasannya kepada sobat semua tentang cara mudah membersihkan filter udara pada motor. Yuk, sobat lihat di bawah ini.

1. Filter Udara Motor Konvensional (Spoon / Busa)

Untuk merawatnya, sobat perlu membersihkannya dengan cara berkala setiap satu bulan sekali. Untuk menjaga filter udara motor tipe spoon ini juga dikenal lumayan gampang dimana sobat dapat cuma dengan menyemprotnya memakai kompresor atau memakai angin bertekanan tinggi.

Bahkan, langkah menjaga filter udara motor tipe konvensional (spoon/busa) ini dapat pula dengan cara dicuci memakai bensin atau direndam di dalam air yang dicampur dengan sabun, kemudian dikucek-kucek dengan cara perlahan-lahan hingga kotorannya lenyap. Apabila sudah bersih, silakan keringkan dengan cara diperas tetapi janganlah dipelintir supaya spoon tidak gampang rusak.

2. Filter Udara Motor Kering

Untuk tipe filter udara motor kering ini tidak cepat rusak serta lebih awet, maka harganya pun juga sedikit lebih mahal. Tetapi, untuk pembersihan serta pergantian berkala juga butuh dikerjakan dengan cara teratur. langkah bersihkan saringan udara motor tipe kering ini sobat cuma perlu menyemprotnya saja dengan kompresor atau dengan angin bertekanan tinggi serta diarahkan pada setiap sela-sela filter.

Jangan Lewatkan: Berbagai Cara Bore Up Motor Yamaha Jupiter Z agar Makin Kenceng dan Meningkatkan Performa

Perlu sobat ingat, janganlah bersihkan tipe filter kering ini dengan memakai bensin atau dicuci menggunakan sabun, sebab apabila langkah bersihkan filter udara motor tipe kering salah cara, maka bakal menjadikan filter udara kering ini malah jadi gampang rusak.

3. Filter Udara Motor Basah

Filter basah ini memiliki kandungan cover pelumas spesial yang nanti bakal mengoptimalkan filter dalam menangkap kotoran. Namun, untuk langkah menjaga filter udara motor jenis basah ini justru tidak bisa disemprot memakai kompresor serta dilarang untuk dicuci.

Malahan, tidak bisa pula dibikin bersih memakai sikat atau kuas. Sebab, apabila disemprot, dicuci atau disikat malah bakal menyingkirkan pelumas yang melapisi filter udara ini. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

Nah, untuk tips langkah bersihkan filter udara motor jenis basah ini, sobat cuma perlu memukul-mukulnya dengan cara ringan atau dilap secara halus dan perlahan-lahan. Tetapi, apabila filter jenis ini keadaan kotoran atau debu yang melekat telah begitu lama dan sudah menebal jadi selekasnya diganti dengan filter udara yang baru.

Bagaimana sobat technflash.com, tidak begitu susah bukan cara membersihkan filter udara pada motor ini? Apabila motor sobat dirasa sudah lama tidak di-service, selekasnya cek filter udaranya serta segera bersihkan atau ganti dengan yang baru apabila keadaannya telah tidak layak digunakan.

Demikian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat untuk sobat dan semoga bisa menambah pengetahuan sobat.