Tips Investasi Kripto bagi Pemula agar Cuan dan Meminimalisir Boncos

Tips Investasi Kripto bagi Pemula agar Cuan dan Meminimalisir Boncos

Dunia investasi selalu berkembang. Seiring dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula pilihan investasi yang tersedia. Salah satu investasi yang tengah populer saat adalah investasi crypto.

Ditambah lagi saat ini sudah banyak platform untuk investasi mata uang kripto, salah satunya adalah Tokenomy. Dengan adanya platform exchange ini, akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam melakuka transaksi aset kripto.

Aset kripto atau mata uang kripto adalah mata uang virtual yang biasanya digunakan sebagai alat transaksi digital. Beberapa tahun belakangan, investasi mata uang kripto menjadi semakin populer. Terlebih lagi semenjak harga bitcoin (BTC) dan beberapa koin semakin meroket.

Tidak hanya BTC, saat ini banyak sekali mata uang kripto bermunculan, bahkan terus muncul yang baru. Hal ini merupakan sebuah peluang investasi yang menggiurkan, terlebih pergerakan harga mata uang kripto di pasar sangat agresif dan fluktuatif. Sehinggga peluang mendapatkan untung juga semakin cepat.

Tips Investasi Kripto untuk Pemula

Tips Investasi Kripto untuk Pemula

Bagi Anda pemula yang ingin ikut berkecimpung dalam dunia aset kripto, Anda juga harus banyak belajar dan menggali informasi. Berikut adalah beberapa tips investasi aset kripto bagi pemula

1. Melakukan Analisis & Riset

Setiap investasi tentunya memiliki risiko kerugian. Untuk meminimalisir hal tersebut Anda perlu melakukan analisa dan riset mengenai sistem, pergerakan, tren dan pemberitaan. Jangan pernah melakukan investasi hanya karena ikut-ikutan, karene kerugian yang terjadi hanya kita sendiri yang menanggung.

2. Membagi Dana ke Beberapa Aset Kripto

Tips yang kedua adalah membagi budget investasi Anda ke jenis aset kripto yang berbeda. Jangan hanya dibelikan satu jenis koin atau token kripto saja. Hal ini untuk meminimalisir kerugian atau boncos jika salah satu aset mata uang digital Anda ada yang tengah mengalami penurunan harga secara drastis.

3. Memiliki Batas Maksimal

Walaupun peluang keuntungannya sangat menggiurkan, Anda harus memiliki batas maksimal dari budget yang Anda siapkan. Pada awal investasi, sebaiknya Anda hanya membelanjakan sekitar 20 hingga 30% budget investasi Anda.

Selanjutnya dapat Anda tingkatkan secara bertahap ketika sudah mendapatkan cuan, mulai dari 50% sampai maksimal 80%. Hal ini bertujuan agar Anda tetap memiliki dana investasi cadangan.

4. Berani Cut Loss untuk Menekan Kerugian

Ketika aset kripto Anda terus turun dan setelah Anda analisis kemungkinan meningkatnya kecil, Anda harus berani mengambil risiko rugi, atau cut loss sebelum harga aset Anda makin terjun bebas dan menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar.

5. Membeli saat Harga Rendah

Seperti halnya investasi pada saham, prinsip utama dalam investasi kripto adalah membeli saat harganya rendah dan disimpan dengan harapan harga koin kripto tersebut akan semakin tinggi di kemudian hari. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari aset kripto yang harganya sedang rendah dan berpotensi. Selain itu jangan membeli aset kripto yang sedang naik atau harganya sedang di pucuk.