Tips Melindungi Smartphone agar Semakin Aman

Tips Ampuh Proteksi Smartphone Agar Makin Aman

Cara mudah memproteksi ponsel pintar agar keamanannya berlapis sehingga tidak mudah ditembus. Dewasa ini hampir semua orang memiliki smartphone. Kami yakin sobat yang membaca artikel ini pun juga memiliki smartphone. Perangkat ponsel pintar sering kali berisi data pribadi yang penuh privasi serta beberapa info sensitif.

Semua itu harus dilindungi agar tidak ditembus oleh pihak atau orang iseng yang tidak bertanggung jawab. Karena data-data yang ada di dalam perangkat handphone sobat bisa saja dimanfaatkan mulai dari sekedar perbuatan iseng hingga jual beli data yang bersifat pribadi.

Tips Mengamankan Smartphone

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah tingkat kemanan smartphone sobat. Simak baik-baik ya!

1. Rutin Back Up Data

Yang pertama adalah rutin memback-up data. Sobat bisa melakukan back up data secara rutin ke layanan penyimpanan online yang terpercaya, misalnya untuk iPhone bisa menggunakan iCloud, sementara itu untuk Android bisa memanfaatkan layanan Dropbox, Google Drive dan OneDrive. Hal ini bertujuan agar ketika ponsel sobat dibobol dan datanya diacak-acak bahkan dihancurkan, sobat masih memilki salinannya di tempat layanan penyimpanan online tadi.

2. Enkripsi File

Selain melakukan back-up, ada baiknya jika sebelumnya file-file yang ada di-enkripsi terlabih dahulu. Sehingga meskipun orang jahil berhasil membobol data-data yang ada, mereka masih akan kesulitan untuk mengetahui isinya. Sobat bisa memanfaatkan aplikasi AutoKrypt untuk melakukan enkripsi file.

3. Proteksi Wifi dan Bluetooth

Apakah sobat tahu jika hacker bisa membobol smartphone melalui celah konektivitas Bluetooth dan juga Wifi. Untuk itu sobat perlu mengubah password wifi dan bila perlu di-hidden ID wifinya. Selain itu matikan juga fitur bluetooth jika tidak digunakan, serta perlu sobat atur fitur bluetooth ke mode non discoverable.

Baca Juga: Pakai Paket Games Smartfren

Dan jika sobat menerima pop up untuk menghubungkan bluetooth dengan perangkat lain yang tidak sobat kenali, maka segera tolak. Karena bisa jadi itu adalah salah satu upaya si tangan jahil untuk menembus keamanan smartphone sobat.

4. Tingkatkan Keamanan Saat Browsing

Sobat juag perlu waspada dan cermat saat melakukan browsing apalagi jika sobat sering login ke website tertentu. Agar aktivitas browsing aman, jangan biasakan menyimpan detail user password login dan history browser.

Pastikan sobat menggunakan aplikasi browser terpercaya dan versi teranyar. Sobat bisa menggunakan mode private, aktifkan “Do Not Track”, dan pastikan website yang sobat gunakan untuk login menggunakan SSL atau URL yang berformat ‘https’ yang berarti data login di website tersebut dienkripsi

5. Matikan Fitur Geotag

Ada baiknya jika sobat mematikan fitur geotag smartphone-mu. Karena bisa jadi fitur ini justru menjadi sebuah celah untuk menembus kemanan ponsel sobat.

Simak Juga: Internet Service Provider Terbaik di Surabaya

6. Pasang Anti-Virus dan Anti-Malware

Lindungi smartphone sobat dari seranagn virus maupun malware yang sering kali mampu merusak data dan file yang ada di smartphone. Sobat bisa memanfaatkan kehebatan beberapa aplikasi seperti Avast, Kaspersky, AVG, Bitdefender dan sejenisnya untuk memproteksi ponsel sobat.

7. Remote Wipe

Remote wipe bisa sobat lakukan jika saja ponsel sobat hilang, terjatuh, atau dicuri orang dan berpotensi diretas datanya. Sobat bisa menghapus seluruh file dan data sensitif dari jauh (secara remote) sehingga data-data smartphone sobat tidak tersebar. Sobat bisa memanfaatkan layanan remote wipe gratis semacam AVG Mobilation Free.

Bagaimana sobat, apakah trik di atas bermanfaat buat sobat? Semoga dengan cara-cara di atas smartphone sobat senantiasa aman terkendali.