7 Tips Mencari Rumah Kontrakan Murah dengan Tepat dan Mudah

Tips Mencari Rumah Kontrakan yang Murah dengan Tepat dan Mudah

Ketika Anda bekerja atau kuliah di kota lain yang jauh dari tempat asal, menyewa rumah kontrakan bisa menjadi salah satu solusi yang ampuh sebagai tempat tinggal di kota tersebut. Begitu juga dengan Anda yang belum memiliki kemampuan untuk membangun atau membeli rumah sendiri.

Walaupun rumah sewa atau kontrakan umumnya hanya digunakan sebagai tempat hunian sementara, Anda tidak boleh memilihnya secara asal-asalan. Anda membutuhkan cara-cara tersendiri agar bisa mendapatkan rumah kontrakan yang tepat dengan harga terjangkau.

Harga rumah di kota besar yang semakin membumbung tinggi, menjadikan bisnis rumah kontrakan semakin menggeliat dan digemari di negara kita. Sebut saja untuk bisnis kontrakan tangerang yang banyak sekali pilihannya. Maka tidak mengherankan jika rumah sewa pun menjadi pilihan bagi orang yang belum mampu untuk memiliki rumah hunian pribadi.

Salah satu alasan terbesar orang memilih tinggal di rumah kontrakan adalah karena biaya menyewa rumah jauh lebih murah bila dibandingkan dengan uang yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah, sekalipun itu rumah bekas.

Meski demikian, jangan pernah memiliki rencana untuk selamanya tinggal di rumah sewa. Bagaimanapun juga, tinggal di rumah sendiri rasanya lebih nyaman dan “ayem” kalau kata orang Jawa Tengah. Sembari menabung, untuk sementara waktu tidak ada salahnya tinggal di rumah kontrakan.

Tips Memilih Rumah Kontrakan Murah

Berikut ini adalah beberapa tips yang Anda butuhkan untuk mencari rumah kontrakan agar mendapatkan harga murah dan sesuai kebutuhan.

1. Pilih Lokasi yang Sesuai

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah kontrakan adalah memperhatikan lokasi rumah yang akan Anda sewa. Idealnya rumah kontrakan itu dekat dengan tempat kerja atau kampus di mana Anda kuliah. Sehingga Anda bisa berjalan kaki menuju tempat kerja atau kampus jika Anda masih kuliah.

Dalam hal ini biasanya akan ada dua pilihan. Jika Anda ingin menyewa rumah di lokasi yang strategis dan lengkap dengan fasilitas umum sehingga segala aktivitas dapat dilakukan dengan mudah. Maka biasanya harga rumah kontrakannya lumayan mahal.

Namun jika kebetulan rumah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja Anda jauh dari fasilitas umum, maka umumnya harganya akan lebih murah. Risikonya, Anda perlu kendaraan jika ingin menggunakan fasilitas umum, seperti ingin ke pasar, ATM, pusat kota dan lainnya.

2. Riset Harga & Fasilitas yang Ditawarkan

Harga rumah kontrakan tidak hanya dipengaruhi oleh letknya yang strategis, dekat dengan pusat kota dan lengkap dengan fasilitas umum. Selain itu juga sangat ditentukan oleh fasilitas apa yang ada di rumah kontrakan tersebut.

Semakin mewah dan lengkap fasilitasnya, maka harganya pun akan semakin mahal. Tentu saja hal ini kurang cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan rumah kontrakan dengan harga murah.

Anda cukup mencari rumah kontrakan sederhana, misalnya rumah dengan satu kamar dan fasilitas yang biasa-biasa saja.

3. Manfaatkan Situs Jual Beli Rumah

Sekarang zaman sudah sangat canggih. Berbagai informasi bisa Anda dapatkan melalui ponsel yang terkoneksi dengan internet. Anda pun bisa memanfaatkan situs jual beli rumah untuk mencari info tentang rumah kontrakan, misalnya melalui website rumah.com.

Situs rumah.com mempunyai banyak sekali listing untuk berbagai jenis properti, termasuk rumah kontrakan dengan harga yang bervariasi. Anda bisa memilih dan memilahnya guna mendapatkan rumah sewa dengan harga murah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Survei Lokasi secara Langsung

Walaupun Anda dapat mencari informasi rumah kontrakan secara online melalui situs jual beli rumah, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan survei langsung ke rumah tersebut.

Hal ini perlu dilakukan agar Anda benar-benar mengetahui secara pasti kondisi terkini dari rumah yang akan Anda sewa tersebut. Di samping itu, survei rumah secara langsung juga bertujuan membuktikan apakah semuanya sesuai dengan informasi yang ditayangkan pada iklan.

5. Perhatikan Keamanan Lingkungan Sekitar

Hal ini masih ada kaitannya dengan tips no 4 di atas, dan Anda hanya bisa melakukannya dengan mendatangi langsung lokasi rumah kontrakan tersebut. Anda bisa melihat secara seksama lingkungan di sekitar rumah kontrakan, dan bertanya langsung dengan ketua RT serta warga sekitar untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Bukan hanya masalah tindak kriminal, keamanan lingkungan juga termasuk potensi bencana alam, seperti banjir. Maka akan sangat penting jika Anda juga memperhatikan apakah di kawasan tersebut terdapat petugas keamanan yang berjaga. Termasuk bagaimana tingkat ketajahatnnya, apakah aman atau tidak.

Dan jangan lupa untuk mengorek informasi dari warga sekitar apakah daerah tersebut merupakan kawasan yang rawan banjir atau tidak.

6. Memilih Rumah Kontrakan dengan Jangka Waktu Singkat

Jika posisi Anda adalah pekerja, maka pilihlah rumah kontrakan yang menawarkan jangka waktu sewa yang singkat, misalnya per bulan, per tiga bulan atau per enam bulan.

Dengan masa sewa rumah yang singkat, Anda akan dapat berpindah kontrakan dengan mudah kapan saja. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika saja Anda harus pindah kerja di daerah lain. Atau bisa juga Anda menemukan rumah kontrakan lainnya dengan harga yang lebih murah.

7. Menyewa Rumah Kontrakan Bersama Teman

Anda yang belum menikah atau berkeluarga, maka Anda bisa mengajak orang lain agar mendapatkan harga kontrakan yang murah. Misalnya dengan mengajak teman kerja ataupun teman kuliah untuk menyewa satu rumah kontrakan.

Jika Anda ingin melakukan hal semacam ini, maka Anda perlu memilih rumah kontrakan yang memiliki banyak kamar agar dapat menampung semua orang yang Anda ajak untuk menyewa rumah kontrakan tersebut.

Dengan cara ini, biaya sewa rumah per bulannya akan menjadi lebih murah karea ditanggung bersama-sama.

Demikianlah beberapa tips untuk mencari rumah kontrakan dengan harga terjangkau. Jika Anda membutuhkan rumah kontrakan sekitar tangerang, maka Anda bisa mencoba mencarinya melalui website rumah.com.